Senin, 20 Juli 2009

PENGALAMAN PERTAMA JADI KETUA PANITIA

Gue mulai cerita lagi yaaa.!!..
Oia, gue udah pernah bilang kan di cerita pengalaman MC gue kalau gue ini udah pernah juga jadi kordinator humas (jabatan besar tanggung jawab besar). Nggak gampang loh nanggung amanat dari teman-teman, karena mereka pasti memilih berdasarkan apa yang mereka liat pada diri kita (cieh, dewasa banget gue). Pergaulan membuat semua apa yang ada pada diri kita bisa jadi terlihat ileh teman-teman sepergaulan. Yup, tanpa basa-basi, gue mulai aja.
Seminggu sebelum acara…..
Sebelumnya, Kak Dika (06) sebagai ketua Heart (Health Education of reproductive teenagers) ngundang kita buat rapat. Maklum, kami angkatan 2007 dan 2008 merupakan anggota baru dari organisasi yang bergerak dalam bidang Kesehatan Reproduksi ini. Saya sendiri angkatan 2008. Waktu itu kebetulan angkatan 2007 nggak sempat hadir karena lagi PBL (praktek belajar lapangan) di daerah, jadi yang sempat hadir cuma angkatan 2008 semua. Saya, Rizal, Rini, Ika, Izhna, Epi, Megi, Mira, dan Didi yang hadir pada rapat yang dipimpin oleh kak Dika. Langsung aja, rapat ini untuk membentuk panitia Hari Anti Narkoba Internasional yang jatuh pada tanggal 26 Juni 2009. Tapi, sebelum itu dipilih dulu ketua panitianya.
Deg-degan gitu….
Perdebatan alot, saling tunjuk, hingga akhirnya harus ada yang mengalah. Semua punya alasan untuk menghindari jabatan ini. Bayangin aja, Ketua Panitia (tanggung jawabnya besar gituloh…). Akhirnya, ya gue ngalah, setelah mayoritas teman-teman milih gue (buseeeeet). Kak Dika pun nyerahin pimpinan rapat ke gue. Hasil rapat juga mutusin Rizal sebagai wakil gue, Ika sebagai sekertaris gokiel gillaaa’, dan teman-teman lain pada seksinya masing-masing.
Pusing-pusing……
Bagaimana nggak pusing, waktu itu kan gue juga mikirnya SNMPTN yang bakalan gue ikuti udah dekat. Mestinya, gue kan banyak belajar tuh, buat persiapan. Haaaah, tapi jabatan adalah tanggung jawab. Laki-laki itu harus pegang prinsip (hahahah, sok dewasa lagi).
Teratasi….
Dukungan dari teman-teman panitia membuat gue jadi termotivasi sangat amat teramat (lebay lagi) gilllaaa’. Kita bagi tugas, mulai dari pencarian dana, pembuatan spanduk, pamphlet, n property lainnya yang bakalan kita butuhin buat acara kampanye nanti. Oia, gue belum bilang ya (beluuuuuuuuummm). Sebenarnya acara HANI (Hari Anti Narkoba Internasional) seyogyanya (cieh, bahasa baru nieh) diada’in pada tanggal 26 juni, tapi berhubung hasil keputusan rapat, makanya kita kampanyenya baru diada’in 28 juni 2009 hari minggu.
Bingung….
Bukan main, dana dari organisasi nggak cukup. Dana hasil penjualan dari panitia juga masih sangat sangat sangat teramat minim (tolooooong). Terpaksa deh, kita panitia mutusin kalau musti ada pungutan liar (pungli kallliiii’) dari masing-masing panitia (Rp 10.000,-/ orang). Waktu yang mepet maksa kita buat mutusin hal ini (oooouuuuuwww, it’s so hurt you know).
Kerja keras teman-teman disini sangat teruji, apalagi gue selaku keua panitia khawatir banget kalau-kalau acara ini nggak jadi (mamaaaaa, toloooong). Tapi, teman-teman dengan semangat juang 75 (45 kallliiiiii’) berhasil mengatasi ini dengan saling membantu satu sama lain.
Oia, biarpun kita nggak ngadain HANI pas tanggal 26 (hari jumat) tapi kita tetap adakan suaut acara penyuluhan gitu, sebagai ajang pembukaan acara kami nantinya. Tepatnya, di SMAN 21 Makassar kami ngadain penyuluhan (makasih Didi n Ima’ selaku alumni yang bantuin kita). Acaranya bisa gue bilang sukses karena melihat antusias adek-adek (cieh, tua amat loh) dalam mengikuti penyuluhan yang kami adain. Rizal n Izhna kita tunjuk sebagai pemateri dalam penyuluhan ini dan Ika sebagai moderator (gokiel tawwa).
Kampanye yang kita tunggu-tunggu….
Akhirnya hari itupun tiba, gue udah suruh panitia lain buat undang teman-teman diluar heart untuk hadir dan berpartisipasi dalam kampanye kita.
Kecewa..
Sebenarnya dalam lubuk hati sanubari yang teramat dalam curam mendekam (waw, lebay lagi orang.. wkwkwk) gue sangat kecewa. Bagaimana tidak, kita udah berusaha undang teman-teman untuk ikut berpartisipasi dalam acara kita tapi yang hadir diluar panitia Cuma 2 orang (syukur itu masih ada, hehehe.. alhamdulillah). Ahmad (kord. Perlengkapan di acara Inaugurasi) yang bias ague panggil kanda, dan mutia anak gizi. Makasih banget khusus buat mereka berdua, kalian bikin motivasi gue meningkat walaupun masih ada rasa kecewa sedikit karena ketidakdatangan teman-teman yang lainnya (ahhh, nggak apa-apa kok).
Sukses
Kampanye kami bisa gue bilang cukup sukses karena menarik simpati masyarakat yang lewat melihat kami. Kami membagikan property yang kami buat dan kami minta sebagian dari Dinas Kesehatan (makasih yaa). Bahkan, ada warga yang langsung turun dan meminta poster anti narkoba pada kami jadi ya kami berikan ajja (kami kan baik hati, rajin nabung, dan tidak sombong,.. wkwkwk). Oia, ada juga beberapa senior dari Heart hadir dalam acara ini sekitar 7 orang jadi kami sangat terbantu selaku panitia.
Gue berhasil jadi pemimpin
Gue bangga
Pengalamn pertama begitu menngoda selanjutnya…. Terserah anda
Hehehe, iklan kallliii’…
Makasih buat Rizal, Didi, Epi, Mira, Ika, Izhna, Megi, Rini, Muti, Ahmad, kak Dika, kak Ikes, n senior lain uang masih sempat hadir.. makasih yaaaaa.

Tidak ada komentar: