Selasa, 11 Agustus 2009

Apa itu Cumbritz? Apa itu Kurcitz?

Banyak sekali teman-teman yang bertanya “apa itu Cumbritz?” saya pun menjawab “Kurcitz”, dan apa itu Kurcitz?” lalu saya jawab lagi “Cumbritz”. 2 kata ini tak pernah terpisahkan dari awal sejak saya mendengarnya. Kata ini popular dikalangan anak FKM Unhas. Orang yang mempopulerkannya itu… ya… saya, Dacil yang keren, baik hati, rajin menabung, dan tidak sombong.
Saya akan ceritakan asal muasal dari kata cumbritz dan kurcitz ini. Sebenarnya, orang yang mengeluarkan kata-kata ini adalah tetangga saya yang tinggal dimallengkeri. Awalnya, kata cumbritz bukanlah kata yang sebenarnya, melainkan “jumrit”. Orang yang mengeluarkan kata ini adalah Pak Rizal (tetangga saya). Orangnya gokiel dan baik hati. Dia juga tidak makan paku atupun minum oli. Maka dari itu saya bilang dia baik hati. Pak Rizal ini sering bersama dengan teman saya yang bernama Keken (Husni Thamrin). Nah, keken inilah yang mengeluarkan pasangan dari kata jumrit yaitu “kurcit”. Mereka sepasang orang gokiel dari Mallengkeri. Tapi, sebenarnya orang-orang yang tinggal dimallengkeri itu gokiel semua. Saya bisa bilang begitu karena saya sendiri gokiel. Iya toh????.....
Karena mungkin kata-kata ini agak kurang srek dihati sanubari saya yang terdalam, makanya saya ubah. Jumrit menjadi Cumbritz, sedangkan Kurcit menjadi Kurcitz. Nah, bagaimana???? Lebih menjual toh… kata-katanya… dayat gitu loh.
Jadi, karena saya yang mempopulerkan kata-kata ini maka saya memberikan pengertian berdasarkan pengalaman saya selama berabad-abad. Cumbritz dan kurcitz itu tidak bisa terpisahkan. Cumbritz bisa diartikan lucu, sedangkan kurcit bisa diartikan jayuz. Cumbritz kurcitz = Lucu jayuz.
Sedangkan, pengertian lain yang saya berikan adalah bahwa cumbritz merupakan bagian dari yang rendah hati dan kurcitz merupakan bagian dari yang tidak sombong. Cumbritz kurcitz = Rendah hati dan tidak sombong.
Mungkin itulah sedikit pengertian cumbritz dan kurcitz dari seorang dacil (dayat kecil) yang sangat-sangat teramat rendah hati dan tidak sombong.
Cumbritz = dacil nero
Kurcitz = rizal nero