Minggu, 28 Juni 2009

Maaf dok, Ini bukan anak saya!

Dikisahkan suatu hari di sebuah PUSKESMAS,

Suster : “Ibu Minah … silakan masuk”

Bu Minah : ” permisi dok ” (aduuh dokternya kok cakep banget ya? … dalam hati)

Dokter : “silakan duduk bu, yang sakit siapa bu?”

Bu Minah : “anak ini dok, umurnya sudah 10 bulan tapi kok sakit-sakitan dan badannya kok kurus gak bisa gemuk2″

Dokter : “selama ini anak tersebut minum ASI apa susu tambahan?”

Bu Minah : “ASI dok”

Dokter : ” ooo .. kalau begitu coba saya periksa payudara ibu, maaf bisa dibuka kancingnya ? .. tolong Suster ibu ini dibantu..”

Bu Minah : “baik dok ..” (seneng banget diperiksa dokter yg cakep ini … dalam hatinya)

Sang dokterpun akhirnya memeriksa payudara bu Minah dengan teliti, ditekan sana ditekan sini …. bu Minah pun menikmati pemeriksaan sang dokter.

Dokter : “waduh bu .. pantes anak ibu ini kurus & tidak sehat … lha payudara ibu gak ada isinya !!”

Bu Minah : “maaf dok, ini bukan anak saya .. tapi anak majikan saya”

http://ngakak.blogdetik.com/humor-lucu-maaf-dok-ini-bukan-anak-saya/

kumpulan sms lucu, jayus, ngerjain, jorok, narsis, lebay, sotoy, sms wagu, jelek…

MaEn RaKeT
PaDa NyeMeZ
Ada MonYeT
Bc zMz…

aDa CoPeT
JaLaN LuRuZ
eH_Ci mOnYeT
bC TeRuZzz…

MaEn BasKeT
PaKe BoLa
Aduchhh…
NyeTtttttttt…
JgN kEtAwAAAAAAAA..

hhoohhooohhhoooooo…

====

Tempe penyet rasa tape, eeechh da monyet g pencet2 HP… Jambu mete bawang merah, wuach si monyet mulai MARAH!!! Bakso pedas bikin bules, hayooo si monyet mau ngebalezz!!! hehehe

=====
Kuisi hariku dengan cintamu… kuisi sepiku dengan candamu… kuisi tidurku dengan mimpimu… kuisi kalbuku dengan merindukanmu… Tapi mengapa kau tidak mengisi HPku dengan pulsamu…???
=====
kala kulihat dirimu,ku duduk diatasmu,lalu kumasuk kan,ah…susah,ku tekan dikit ku putar 69′,ku pencet…staternya.brem…brem..gw brgkt dlu ya,jg rumah.
=====
Ketika kita saling bertatapan, kau sentuh punyaku… kusentuh punyamu… kaupegang punyaku, ku pegang punyamu… kau remas punyaku, kuremas punyamu… itulah cara bersalaman yang baik.
=====
Saat aku nggak SMS ke kamu, bukan berarti aku melupakanmu, tapi aku hanya memberi waktu buat NGANGENIN AKU…!!!
=====
Orang Amerika kentut: EXCUSE ME! orang Ingris: PARDON ME! orang Malaysia: SORRYLAH… Kalau orang Indonesia: NOT ME.. NOT ME…!!!
=====
Waktu aku kecil aku mengalami PELECEHAN, aku ditelanjangi seorang pria, aku diBIUS, ANUku dipegang2, sampai BERDARAH. Tetapi ketika aku sadar TERNYATA AKU LAGI DISUNAT.
=====
Corry….
Lama gag sMs U,,
HPq lg eRrOr niE…
SebeL DecH…!!!
Mazak klo di tEkAn MENU
mUncUl bgni :
” mEnU ”
BakSo : Rp 5.000
miE aYam : Rp 4.000
eS TeLeR : Rp 3.000

Be Te kan ???

hhehhehhehheeeeh…:>
=====
ArJuNa SiBuK MenCaRi CinTa
WeRKuDaRa SiBuK CaRi MaTi
GaThuT KaCa SiBuK BeLaJaR TeRBanG
Aq SiBuK nGiRiM ZmZ iNi
eeeeeeeeee….
HANOMAN kq MaLaH SiBuK Bc ZmZ iNi….

Whakakakakaaaaak…
=====
Mata : Tuk melihatMu

Tangan : Tuk menyentuhMu

Pikiran : Tuk mengingatMu

Hati : Tuk merindukanMu

Kaki : Tuk menendangMu,
jk U melupakan aQ…

hahahahaaaa….

Cm becanda doank kq…”;)
=====
coba deeeh
http://ngakak.blogdetik.com/sms-lucu-ngerjain-jayuz-narsis-lebay/

Kamis, 25 Juni 2009

KELAYAKAN DALAM PEMBERIAN KOMPENSASI

PENDAHULUANDemonstrasi-demonstrasi yang dilakukan oleh kaum buruh yang tergabung dalam Serikat Buruhnya kepada manajemen perusahaan dimana mereka bekerja dewasa ini cenderung meningkat seiring dengan kemajuan demokrasi di negeri ini. Demo mereka laukan karena ada yang mereka tuntut kepada perusahaanya. Dan kebanyakannya yang mereka tuntut adalah menyangkut masalah Kompensasi.
Menurut Hasibuan (1994) Kompensasi adalah semua pendapatan yang berbentuk uang atau barang langsung atau tidak langsung yang diterima karyawan sebagai imbalan atas jasa yang diberikan kepada perusahaan. Nitisesmito (1982) dalam Irawan (2000) berpendapat bahwa kompensasi adalah balas jasa yang diberikan oleh perusahaan kepada karyawannya yang dapat dinilai dengan uang dan mempunyai kecenderungan diberikan secara tetap. Sedangkan Handoko (1994) dalam Irawan (2000) berpendapat bahwa kompensasi adalah segala sesuatu yang diterima karyawan sebagai balas jasa untuk kerja mereka. Kompensasi tidak hanya sebatas gaji atau upah tetap saja, melainkan juga pasilitas dan insentif lainnya baik berupa financial maupun nonfinancial seperti tunjangan pensiun, pesangon, tunjangan kesehatan, asuransi kecelakaan kerja , tunjangan beras, kredit rumah dan kendaraan dan pasilitas lainnya.
Sistem kompensasi yang adil dan layak yang berlaku pada suatu perusahaan sangat penting guna memperoleh dan mempertahankan karyawan yang potensial atau berkualitas. Kompensasi yang adil maksudnya adalah segala pengorbanan yang dilakukan oleh karyawan seimbang dengan imbalan yang mereka terima. Dengan kata lain ada keseimbangan antara produktifitas atau prestasi kerja karyawan dengan upah atau gaji yang diterimanya.
Sedangkan kompensasi yang layak adalah besarnya upah lebih banyak dikaitkan dengan standar hidup dan peraturan-peraturan ketenagakerjaan. Seperti kebutuhan fisik minimum dan upah minimum regional.
Keadilan, kelayakan dan besarnya kompensasi yang berlaku pada suatu perusahaan akan banyak menarik minat para calon tenaga kerja yang potensial untuk bergabung atau bekerja pada perusahaan yang bersangkutan. Berbeda dengan perusahaan yang memberikan kompensasi yang kecil dan tidak layak tentunya akan sepi peminat dari calon-calon tenaga kerja yang potensial.
Kompensasi yang tinggi dan layak juga dapat mempertahankan karyawan yang ada. Jika karyawan merasa kompensasi yang diberikan perusahaan kepadanya cukup memadai untuk menghidupi diri dan keluarganya, maka ia akan tetap bekerja di perusahaan tersebut. Tetapi manakala kompensasi yang mereka terima dari perusahaannya tidak memadai guna menghidupi diri dan keluarganya, maka mereka akan berpikir untuk keluar atau eksodus ke perusahaan lain yang sistem kompensasinya lebih baik dari perusahaan asal ia bekerja. Kalaupun mereka tetap bekerja pada perusahaan tersebut, maka mereka akan bekerja seadanya dan tidak bergairah dalam bekerja sehingga produktifitas kerjanyapun rendah.
Permasalahannya sekarang adalah bagaimana perusahaan mengupayakan agar karyawan bekerja dengan tingkat produktifitas yang tinggi. jawabannya adalah berkaitan dengan sistem kompensasi yang berlaku pada perusahaan yang bersangkutan.


PEMBAHASANA. Sistem Kompensasi
Menurut Siagian (2000) sistem imbalan yang baik adalah sistem yang mampu menjamin kepuasan para anggota organisasi yang pada gilirannya memungkinkan orgnasisasi memperoleh, memelihara dan mempekerjakan sejumlah orang yang dengan berbagai sikap dan perilaku positif bekerja dengan produktif bagi kepentingan organisasi.
Menurut Irawan (2000) Ada tiga sistem kompensasi yang dikenal, yaitu sistem waktu, sistem prestasi dan sistem kontrak. Pada sistem waktu, kompensasi dibayar dalam waktu atau periode tertentu, seperti harian, mingguan atau bulanan. Dalam sistem ini sudah ada ketentuan atau ketetapan dari perusahaan yang bersangkutan mengenai besarnya kompensasi yang akan diterima oleh para karyawan dalam tiap periodenya.
Dalam sistem prestasi, kompensasi karyawan dibayar oleh perusahaan sesuai dengan tingkat prestasinya atau tingkat produktifitas kerja. Biasanya diukur dari berapa unit/ besar/ panjang/ helai/ berat yang dihasilkan oleh karyawan dalam waktu yang telah ditentukan itulah yang dibayar oleh perusahaan.
Sedangkan dalam sistem kontrak, antara pihak perusahaan dengan calon karyawan diadakan perjanjian kontrak mengenai bentuk pekerjaan, besarnya kompensasi yang diterima, waktu pekerjaan, sanksi dan lain-lain. Jadi masing-masing pihak terikat oleh perjanjian kerja yang mereka buat bersama oleh karena itu mereka wajib melaksanakan dan tidak boleh mengingkari terhadap apa yang telah mereka sepakati dalam perjanjian kerja tersebut.
Menurut penulis dari ketiga sistem kompensasi tersebut, sistem prestasilah yang paling bijaksana untuk diterapkan di perusahaan, karena sistem ini memenuhi prinsif keadilan dan kelayakan. Sispa pekerja yang tingkat produktifitas kerjanya tinggi maka ia akan mendapat kompensasi yang tinggi pula. Sebaliknya pekerja yang tingkat produktifitasnya rendah akan dapat kompensasi yang rendag pula. Namun bukan berarti sistem ini tidak punya kelemahan. Tetap saja ada segi-segi negatifnya, contohnya terhadap pekerja yang sakit atau cuti maka mereka tidak akan mendapat kompensasi dari perusahaan karena produktifitas kerjanya nihil.

B. Faktor-Faktor Penentu Besarnya Kompensasi
Menyangkut besar kecilnya kompensasi yang diberikan oleh perusahaan kepada karyawannya biasanya ditentukan oleh beberapa faktor, yaitu :
1. Ketersediaan dana perusahaan.
Perusahaan harus bersikap terbuka mengenai kondisi keuangan perusahaan. Kalau untung katakan untung kalau rugi katakan rugi. Sebab untuk apa ditutup-tutupi sebab karyawan sekarang sudah pada kritis yang mampu menghitung kondisi keuangan perusahaan.
2. Keberadaan serikat buruh.
Keberadaan serikat buruh akan membuat posisi buruh menjadi kuat. Mereka dapat menyampaikan segala tuntutannya melalui lembaga ini. Dan pihak perusahaan jangan sampai mengabaikan mereka. Sebab biasanya mereka sangat gigih memperjuangkan apa yang menjadi hak-haknya.
3. Produktifitas kerja karyawan.
Semakin tinggi tingkat produktifitas karyawan maka akan semakin tinggi pula tingkat kompensasi yang diterima oleh karyawan dari perusahaan.
4. Pendidikan dan pengalaman karyawan.
Semakin tinggi pendidikan dan pengalaman yang dimiliki oleh karyawan maka semakin besar kompensasi yang harus diberikan perusahaan kepada mereka.
5. Biaya hidup.
Idealnya besarnya kompensasi yang diterima oleh karyawan dapat memenuhi kebutuhan sandang dan pangan mereka dan keluarganya. Oleh karena itu kenaikan biaya hidup harus diimbangi oleh naiknya kompensasi yang diterima karyawan.
6. Kebijakan pemerintah.
Pemerintah biasanya mengeluarkan kebijakan mengenai masalah ketenagakerjaan, khususnya masalah besarnya kompensasi. Seperti penentuan besarnya UMR pada tiap-tiap daerah.

C. Dampak Pemberian Kompensasi
Dalam suatu proses bisnis organisasi, ada 5 bagian utama yang menentukan. Ke lima bagian tersebut adalah biasa disebut sebagai 5 M, yakni : Manpower, Material, Machine, Method, dan Money. Kadang ditambahkan dua hal yakni Media dan Motivation sehingga menjadi 5 M + 2, meskipun seringkali digabungkan dalam kategori Material dan Manpower.
Namun, diantara ke 5 bagian utama tersebut, sulit dibayangkan suatu bisnis tanpa faktor manusia yakni Manpower. Tanpa faktor manusia, maka 4 M tersisa tidak akan berjalan, karena semua tentu dipengaruhi oleh faktor manusia. Karena itu, sering disebut bahwa faktor manusialah yang membawa proses produk/jasa agar bergerak sesuai dengan tujuan, yang tentunya ditentukan oleh manusia juga.
Berbeda dengan faktor lainnya, faktor manusia memiliki kebutuhan dasar, harapan, emosi, ambisi, aktualisasi, ambisi, dll, yang memerlukan penghargaan atas pencapaiannya. Penghargaan inilah yang disebut sebagai kompensasi, sehingga manusia mengharapkan adanya andil yang adil dalam proses produksi/jasa organisasi. Karena itu, prinsip dasar utama dari suatu kompensasi adalah dia harus memberikan sistem yang adil bagi manusia yang bekerja dalam proses produksi/jasa organisasi.
Apakah sistem kompensasi yang adil merupakan keharusan? ya. Jika organisasi ingin bergerak dengan kemampuan sepenuhnya yang digerakkan oleh individu/manusia didalamnya, sistem kompensasi yang adil sudah harus menjadi keharusan/kewajiban utama. Apa saja yang bisa diperoleh organisasi dengan sistem kompensasi yang adil? berikut adalah keuntungannya :
• Sistem kompensasi yang didisain dengan adil dan baik, memberikan dampak positif dalam efisiensi dan hasil kerja setiap karyawan/individu didalamnya.
• Sistem kompensasi yang adil mendorong karyawan untuk memberikan kinerja melebihi standar normal
• Sistem kompensasi yang adil membantu proses evaluasi jabatan (Job Evaluation), yang lebih realistis dan dapat dicapai (achievable).
• Sistem kompensasi tersebut mampu diaplikasikan ke dalam setiap tingkat jabatan di dalam organisasi
• Sistem memberikan keseimbangan kerja dan kehidupan(work-life balance). Sistem tidak memberikan hukuman kepada karyawan untuk sesuatu yang diluar kendali, dan juga tidak akan mengeksploitasi karyawan.
• Sistem kompensasi akan meningkatkan moral kerja karyawan, produktifitas dan kerjasama antar karyawan, selain memberikan kepuasan kepada karyawan.
• Sistem kompensasi yang adil membantu manajemen dalam memenuhi dan menghadapi aksi karyawan.
• Sistem kompensasi yang adil membantu penyelesaian yang memuaskan kedua pihak bila terjadi selisih antara serikat pekerja dan manajemen.
• Sistem kompensasi yang adil memberikan dorongan dan kesempatan bagi karyawan untuk berkinerja dan memberikan hasil lebih baik dari sebelumnya.
Melihat keuntungan besar dari sistem kompensasi yang adil seperti uraian diatas, maka sudah menjadi keharusan bagi organisasi, baik skala kecil sampai besar untuk dapat menerapkan sistem kompensasi yang adil bagi karyawannya.

SIMPULAN DAN SARAN
Paling tidak ada enam faktor yang wajib dipertimbangkan oleh pihak perusahaan dalam memutuskan berapa besar kompensasi yang layak diberikan kepada karyawannya. Kepada pihak perusahaan disarankan agar berhati-hati jangan sampai ada faktor yang terabaikan, sebab bisa membawa masalah pada masa-masa mendatang yang biasanya datang dari para karyawannya sendiri seperti ketidakpuasan karyawan yang diwujudkan dalam bentuk mogok kerja sampai dengan demonstrasi. Tentunya kondisi ini sangat tidak diinginkan oleh setiap perusahaan. Sebab kalau hal ini terjadi kerugian yang lebih besarlah yang akan dialami oleh perusahaan.

Selasa, 23 Juni 2009

PERANAN INTERNET TERHADAP PENGEMBANGAN KEMAMPUAN / DAYA BERPIKIR KRITIS PELAJAR

BAB I
PENDAHULUAN

1. LATAR BELAKANG
Dunia pendidikan saat ini sudah sangat maju, apalagi hal itu juga didukung oleh perkembangan dunia teknologi khususnya teknologi informasi yang membantu dalam proses pembelajaran para pelajar dalam menggali informasi untuk kebutuhannya. Sekarang ini, kebanyakan dari para pelajar sudah mengetahui bagaimana cara mengambil informasi lewat komputer. Komputer sebagai sarana informasi menyediakan layanan internet sebagai program penyedia informasi dan bisa juga dikatakan sebagai perpustakaan besar karena hampir seluruh informasi mengenai apapun ada dalam internet. Selain daripada itu, internet juga masih mempunyai program lain didalamnya seperti E-Mail, Chatting, Browsing, Mailist, dan Hosting, yang bisa membantu pelajar dalam menggali informasi sebanyak-banyaknya tanpa batasan waktu dan tempat.
Para pelajar yang mempelajari internet sudah sepatutnya diberikan contoh yang baik dalam membuka situs yang patut mereka buka oleh guru pembimbing mereka dalam hal ini guru mata pelajaran komputer. Biasanya, pelajaran komputer mulai diajarkan pada tingkat SMP dan SMA ataupun yang sederajat.
Sebagai seorang pelajar, kita harus bisa memperkaya wawasan kita dengan berbagai informasi agar tidak tertinggal. Karena kurangnya informasi bisa berakibat pada kebodohan dan timbulnya sifat kemalasan dalam belajar. Itu merupakan sebagian kecil dari banyaknya akibat yang bisa ditimbulkan dari kurangnya informasi.
Informasi dapat diperoleh dari suatu buku bacaan ataupun dari internet, yang sekarang ini mulai digemari oleh para pelajar daripada dibuku bacaan. Daya berpikir kritis seseorang mulai meningkat ketika ia bisa memahami apa saja yang sebelumnya ia tidak ketahui dan berani dalam menanyakannya bila ia tidak tahu. Dan itu juga sejalan dengan seberapa besar tingkat pengetahuan yang dimilikinya. Karena semakin besar dan luas pengetahuan seseorang, maka pertanyaan-pertanyaan yang timbul dalam pikirannya mengenai suatu hal akan semakin banyak, sehingga ide-ide atau gagasan-gagasan tentang suatu pengetahuan yang berdasarkan atas informasi bisa muncul dan mungkin juga mampu menciptakan suatu pengetahuan yang baru yang sebelumnya belum diketahui.
Berpikir kritis bagi seorang pelajar sangatlah berguna demi mendukung peningkatan pengetahuan mereka. Itulah mengapa, sehingga penulis berusaha mengkaji tentang peranan internet terhadap pengembangan daya berpikir kritis pelajar.

2. RUMUSAN MASALAH
Berdasarkan latar belakang tersebut, maka penulis merumuskan masalahnya sebagai berikut :
a. Bagaimanakah perkembangan internet saat ini dan apa saja peranannya guna pengembangan daya berpikir kritis pelajar ?
b. Apa yang menjadi hambatan internet dalam pengembangan daya berpikir kritis pelajar ?
c. Langkah apa saja yang dapat ditempuh dalam mengembangkan daya berpikir kritis pelajar melalui media internet ?

3. TUJUAN
Dalam rangka mengembangkan kretivitas siswa terhadap media internet, maka perlu kiranya diadakan suatu penelitian yang bisa membantu siswa berpikir kritis, karena itu berikut ini saya paparkan beberapa tujuan yang ingin di capai dalam pembuatan karya tulis ini sebagai berikut :
a. Membantu siswa atau pelajar melihat perkembangan dunia luar melalui media informasi internet dengan jalan belajar mengoperasikan dan mengaplikasikan media informasi internet kedalam kehidupannya sehari-hari.
b. Dengan kemampuan siswa dapat mengoperasikan atau mengaplikasikan media informasi internet dalam kehidupannya sehari-hari maka siswa tersebut akan memiliki wawasan yang luas dan kemampuan berpikir kritis dalam rangka melihat ataupun memandang betapa pentingnya media internet dalam kehidupannya sehari-hari.
c. Dengan adanya karya tulis ini mudah-mudahan sedikit dapat membantu kemampuan siswa untuk memahami ataupun mengetahui hambatan-hambatan yang terdapat dalam pengetahuan internet
d. Agar bisa mewujudkan tujuan, media internet perlu diperkenalkan dan diajarkan sedini mungkin sehingga siswa mampu mengoprasikan media internet sebagai penyedia informasi.






BAB II
KAJIAN TEORI

1. INTERNET
Internet berawal dari diciptakannya tekhnologi jaringan komputer pada tahun 1960. jaringan komputer adalah kumpulan beberapa computer yang terhubung satu sama lain dengan memakai kabel dalam satu lokasi, misalnya dalam satu kantor atau gedung. Jaringan komputer ini berfungsi agar pengguna komputer bisa bertukar informasi atau data dengan pengguna komputer lainnya.
Internet di Indonesia mulai tumbuh dilingkungan akademis (di UI dan ITB), sama seperti di Amerika, sebagai negara pertama yang mengembangkan jaringan komputer. salah Institut yag mengembangkan internet bagi dunia pendidikan di Amerika adalah Universitas California yang berada di Los Angeles (UCLA).
Karena semakin banyaknya pengguna internet, maka para ahli membuat sebuah protocol (semacam bahasa) yang sama untuk dipakai di internet, yang disebut TCP (Transmission Cotrol Protocol) serta aadaa juga IP (Internet Protocol).
Pada tahun 1989, Timothy burners Lee, ahli komputer dari Inggris menciptakan World Wide Web yaitu semacaam program yang memungkinkan suara, gambar, film, musik dan lainnya dapat ditampilkan dala internet. Karena penemuan inilah sehingga tampilan internet menjadi lebih menarik dan bervariasi. Dahulu internet internet hanya dapat digunakan oleh kalangan tertentu dengan menggunakan modem dan jaringan telepon.
Sehingga dari pada itu peranan internet disini sangat penting guna pengembangan daya berpikir kritis pelajar. Peranan internet disini sendiri bagi pelajar guna pengembangan daya atau kemampuan berpikir kritisnya yaitu sebagai berikut :
a. Akses ke sumber informasi
Sebelum adanya internet, masalah utama yang dihadapi oleh dunia pendidikan khususnya pada pelajar (diseluruh dunia) adalah akses kesumber informasi. Perpustakaan konvensional merupakan sumber informasi yang sayangnya tidak murah. Buku-buku dan jurnal harus dibeli dengan harga mahal. Pengelolaan yang baik terhadap buku juga tidak mudah. Sehingga akibatnya bbanyak tempat diberbagai lokasi didunia yang tidak memiliki perpustaakaan yang lengkap. Adanya internet memungkinkan mengakses kepada sumber informasi yang mulai tersedia banyak. Di Indonesia, masalah kelangkaan sumber informasi konvensional (perpustakaan) lebih berat dibandingkan dengan ditempat lain. Adanya internet merupakan satu solusi pamungkas untuk mengatasi masalah ini daan juga bisa membantu pelajar untuk menddapatkan informasi sebanyak-banyaknya untuk keperluan pengembangan bagi diri mereka sendiri.
b. Akses ke pakar
Internet boleh dikatakan telah menghilangkan atas antaraa ruang dan waktu sehingga memungkinkan seorang pelajar disatu tempat dapat berkomunikasi dengan seorang pakar atau ahli yang mungkin bisa membantu dalam pengembangan daya atau kemampuan berpikir kritisnya.
c. Media kerjasama
Kolaborasi atau kerjasama antara pihak-pihak yang terlibat dalam bidang pendidikan dapat terjalin dengan mudah dan lebih efisien. Seperti yang dapat dilakukan oleh pelajar disatu tempat dengan pelajar ditempat lainnya dengan cara berdiskusi atau saling bertanya dan bertukar informasi mengenai suatu hal. Dengan begini mereka akan sama-sama mengalami perkembangan dalam kemampuan dan wawasan yang dapat membantu proses berpikir kritis mereka.

2. BERPIKIR KRITIS
Berpikir kritis adalah suatu proses mental untuk menganalisis atau mengevaluasi informasi. Informasi tersebut dapat diperoleh dari hasil pengamatan, pengalaman, akal sehat atau komunikasi. Dengan kata lain, berpikir kritis juga merupakan suatu ketetapan yang hati-hati dan tidak tergesa-gesa untuk apakah sebaiknya kita menerima, menolak, atau menangguhkan penilaian terhadap suatu pernyataan, dan tingkat kepercayaan mana kita menerima atau menolaknya (dari Critical Thingking Oleh Moore dan Parker).
Berpikir kritis tentunya tidak menjamin seseorang akan mencapai kesimpulan yang tepat. Pertama, karena ada kemungkinan seseorang tidak memiliki seluruh informasi yang relevan. Informasi yang penting mungkin belum ditemukan atau bahkan informasi tersebut tidak akan ditemukan. Kedua, bisa saja pemihakan (bias) dari seseorang dapat menghalangi pengumpulan dan penilaian informasi secara efektif.
Seorang pemikir kritis memiliki karakteristik yang jujur terhadap diri sendiri, mampu melawan manipulasi dan mengatasi confusion, sering bertanya, mendasarkan penilaiannya pada suatu bukti , mampu mencari hubungan antar topik, dan juga ia bebas secara intelektual.
Peran pemerintah disini dalam pengembangan kemampuan berpikir kritis bagi pelajar secara tidak langsung sangat diperlukan yaitu mungkin seperti penyediaan sarana dan prasarana yang dapat menunjang proses belajar dan pencarian sumber informasi yang jelas, pelaksanaan program pendidikan yang mengacu pada kemampuan berpikir kritis pelajar, serta hal-hal lainnya yang juga dapat membantu dalam pengembangan kemampuan berpikir kritis. Selain dari pada peran pemerintah, peran orang tua juga sangat berpengaruh pada kelancaran proses belajar anak demi pengembangan kemampuan berpikir kritisnya. Peran orang tua disini mungkin seperti penyediaan fasilitas dalam belajar. fasilitas yang dimaksud adalah komputer sebagai suatu alat yang penting dalam penyediaan pelayanan internet. tapi orang tua juga harus terus berhati-hati dan menjaga anaknya dari situs-situs diinternet yang tidak baik.
Tentunya internet sebagai media pengembangan daya atau kemampuan berpikir kritis memiliki hambatan atau kendala selain dari pada peranannya yang membantu dalam pengembangan daya berpikir kritis. Hambatan-hambatan atau kendala-kendala itu seperti :
a. Kurangnya ketersediaan situs mengenai pendidikan berpikir kritis, kemungkinan hal ini terjai karena studi berpikir rktis di Indonesia belum dikedepankan an masih dianggap hal yang kurang penting.
b. Bebasnya situs-situs yang tidak baik (berbau porno) diperlihatkan diinternet sehingga hanya akan menghasilkan pelajar yang kurang memperhatikan penddidikannya bila sering melihatnya dan juga malas membuka situs-situs yang berbau pendidikan.
c. Isi atau konteks yang berbahasa Indonesia didalam situs-situs internet masih langka.
d. Akses internet masih susah diperoleh dibeberapa daerah di Indonesia karena ada daerah yang masih belum memiliki jalur telepon yang dapat digunakan untuk mengakses internet atau sinyal yang baik dalam penyambungan komputer melalui Hp (handphone) secara langsung dengan kabel untuk mengakses ke internet.

3. SOLUSI PENGEMBANGAN DAYA PIKIR KRITIS MELALUI MEDIA INTERNET
Dibawah ini adalah beberapa metode mengembangkan kemampuan berpikir kritis yang diambil dari Wikipedia dan beberapa sumber lain.
a. Buatlah daftar pendapat dan kumpulkan argumentasi yang mendukung setiap pendapat anda. Hal ini bisa juga dilakukan melalui media internet dengan memakai program E-mail atau Chatting dengan cara meminta argumen atau pendapat orang lain mengenai masalah yang sedang kita bahas.
b. Pecahkanlah argumentasi yang anda dapatkan pada langkah pertama menjadi kalimat-kalimat pendukungnya dan carilah implikasi dari kalimat-kalimat ini.
c. Carilah kontradiksi pada kalimat-kalimat dan implikasinya yang anda dapatkan pada langkah yang ke-2.
d. Dari argumen-argumen yang anda dapatkan, susunlah berdasarkan argumen-argumen yang saling bertentangan dan beri bobot untuk argumen-argumen tersebut.
e. Tinjaulah bobot dari setiap klaim, opini yang memiliki bukti yang terkuat kemungkinan besar adalah benar.
Dengan langkah-langkah diatas mungkin bisa membantu dalam pengembangan daya pikir kritis. Dan sejalan dengan itu internet sebagai media yang bisa membantu dalam mengembangkan daya pikir kritis, agar difungsikan dan dikembangkan dengan semestinya supaya kedepannya nanti para pengguna atau konsumen internet yang umumnya pelajar dapat mengembangkan dan menggunakan kemampuan berpikir kritisnya dalam segala situasi maupun kondisi.
Bantuan dari segenap pihak seperti orang tua, guru disekolah dan juga pemerintah sangat penting adanya demi pengembangan dan peningkatan pelajar-pelajar yang mampu berpikir kritis dalam situasi apapun.
Tidak membuat asumsi yang berlebihan, juga merupakan suatu solusi atau langkah yang tepat dalam hal pengembangan daya pikir kritis. Berpikir kritis adalah sebuah proses yang tidak akan selesai. Seseorang dapat mencapai sebuah kesimpulan tentatif berdasarkan evaluasi dari informasi yang ada. Tetapi, jika ada informasi baru yang ditemukan maka proses evaluasi harus dijalankan kembali.
Untuk itu, internet sebagai sebuah media sumber informasi juga banyak ditekankan pada keabsahan atau kebenaran dari informasi yang disediakannya. Hal ini bisa dilakukan dengan jalan menyaring atau memilih semua informasi yang patut ditampilkan dalam internet tersebut.









BAB III
PENUTUP

1. KESIMPULAN
Dari hasil penulisan karya tulis ini, penulis menyimpulkan beberapa hal sebagai berikut,
a. Peranan internet sangat penting guna pengembangan daya berpikir kritis pelajar. Peranan internet disini sendiri bagi pelajar guna pengembangan daya atau kemampuan berpikir kritisnya yaitu sebagai sarana mengakses kesumber informasi, sarana mengakses ke pakar (ahli dibidangnya), dan juga sebagai sarana media kerja sama.
b. Berpikir kritis tentunya tidak menjamin seseorang akan mencapai kesimpulan yang tepat. Tetapi, seseorang yang memiliki karakteristik sebagai seorang pemikir kritis tentunya tidak akan menyerah begitu saja dengan keadaan.
c. Selain daripada batas kemampuan seorang pelajar itu sendiri dalam mengembangkan daya pikir kritisnya, diperlukan juga peran aktif orang tua, guru, dan juga pemerintah.
d. Internet tidak hanya mempunyai peranan tetapi ia juga mempunyai beberapa hambatan dalam penerapaannya dikehidupan sehari-hari, terutama bagi pelajar yang sedang berkembang.
e. Solusi ataupun langkah yang baik sangat perlu diambil dalam pengembangan kemampuan berpikir kritis pelajar yang selanjutnya akan berguna dirinya sendiri.

2. SARAN
Pendidikan di Indonesia belum terlalu mengedepankan pendidikan berpikir kritis pada pelajar-pelajarnya, padahal menurut penulis ini adalah sesuatu yang sangat penting. Orang tua dan guru disarankan oleh penulis, agar dapat memberikan bimbingan kepada anak ataupun anak didiknya (pelajar) tentang pentingnya berpikir kritis. Pendidikan ini menurut penulis jauh lebih penting daripada sekadar membandingkan kapasitas otak atau kemampuan menghafal.
Diharapkan juga pada pihak-pihak yang mengembangkan media internet agar dapat menyajikan informasi yang betul-betul lengkap dalam internet tersebut. Agar selanjutnya para pelajar dapat mengembangkan kemampuan berpikir kritis mereka yang lebih berkualitas lagi.

DAFTAR PUSTAKA

SUMBER DARI INTERNET :
WWW.GOOGLE.COM
Melalui geogle penulis mengambil beberapa data, yaitu sebagai berikut :
- Studi berpikir kritis bagi pelajar,
- Implikasi internet terhadap pendidikan (oleh : Budi Rahardjo),
- Internet untuk pendidikan (oleh : Budi Rahardjo),
- Membaca secara kritis (oleh : Moore dan Parker),
- Pendidikan usia dini mengajarkan anak berpikir kritis,
WWW.WIKIPEDIA.COM
- Metode berpikir kritis bagi pelajar

ABORSI, "WANITA YANG RUGI"

ISU KESEHATAN!!!!!!
Kesehatan reproduksi menurut WHO adalah suatu keadaan fisik, mental dan sosial yang utuh, bukan hanya bebas dari penyakit atau kecacatan dalam segala aspek yang berhubungan dengan sistem reproduksi, fungsi serta prosesnya. Atau Suatu keadaan dimana manusia dapat menikmati kehidupan seksualnya serta mampu menjalankan fungsi dan proses reproduksinya secara sehat dan aman.
Berdasarkan definisi dari Departemen Kesehatan, diketahui bahwa kesehatan reproduksi adalah keadaan sehat secara menyeluruh serta proses reproduksi. Dengan demikian kesehatan reproduksi bukan hanya kondisi bebas dari penyakit, melainkan bagaimana seseorang dapat memiliki kehidupan seksual yang aman dan memuaskan baik sebelum menikah maupun sesudah menikah.
Berdasarkan pengertian kesehatan reproduksi diatas maka dapat diketahui bahwa seseorang itu juga sehat bila ia memiliki kehidupan seksual yang aman dan memuaskan serta mampu menjalankan proses reproduksinya secara sehat dan aman.
Di era globalisasi seperti sekarang ini, telah banyak terjadi penyimpangan dalam kaitannya dengan kesehatan reproduksi. Salah satu contoh yang paling konkrit yang sering kita dengar dikalangan mahasiswa adalah aborsi. Aborsi sudah menjadi suatu hal yang lumrah bagi mereka yang sudah melakukan hubungan namun belum merasa mampu untuk membiayai anaknya kelak jika lahir.
Sebenarnya, pihak wanitalah yang paling banyak dirugikan dalam hal aborsi ini, bagaimana tidak!! Mereka yang mengandung dan mejadi rahim bagi para bakal bayi ini. Sedangkan, dilain pihak bakal bayi inilah yang akan dibunuh atau istilah lainnya digugurkan dengan sengaja sehingga menyebabkan efek samping yang mendalam bagi wanita yang melakukannya.
Aborsi memiliki resiko yang tinggi terhadap kesehatan maupun keselamatan seorang wanita. Tidak benar jika dikatakan bahwa jika seseorang melakukan aborsi ia ?tidak merasakan apa-apa dan langsung boleh pulang?. Ini adalah informasi yang sangat menyesatkan bagi setiap wanita, terutama mereka yang sedang kebingungan karena tidak menginginkan kehamilan yang sudah terjadi.
Ada 2 macam resiko kesehatan terhadap wanita yang melakukan aborsi:
1. Resiko kesehatan dan keselamatan secara fisik
2. Resiko gangguan psikologis

Resiko kesehatan dan keselamatan fisik
Pada saat melakukan aborsi dan setelah melakukan aborsi ada beberapa resiko yang akan dihadapi seorang wanita, seperti yang dijelaskan dalam buku ?Facts of Life? yang ditulis oleh Brian Clowes, Phd yaitu:
1. Kematian mendadak karena pendarahan hebat
2. Kematian mendadak karena pembiusan yang gagal
3. Kematian secara lambat akibat infeksi serius disekitar kandungan
4. Rahim yang sobek (Uterine Perforation)
5. Kerusakan leher rahim (Cervical Lacerations) yang akan menyebabkan cacat pada anak berikutnya
6. Kanker payudara (karena ketidakseimbangan hormon estrogen pada wanita)
7. Kanker indung telur (Ovarian Cancer)
8. Kanker leher rahim (Cervical Cancer)
9. Kanker hati (Liver Cancer)
10. Kelainan pada placenta/ari-ari (Placenta Previa) yang akan menyebabkan cacat pada anak berikutnya dan pendarahan hebat pada saat kehamilan berikutnya
11. Menjadi mandul/tidak mampu memiliki keturunan lagi (Ectopic Pregnancy)
12. Infeksi rongga panggul (Pelvic Inflammatory Disease)
13. Infeksi pada lapisan rahim (Endometriosis)

Resiko kesehatan mental
Proses aborsi bukan saja suatu proses yang memiliki resiko tinggi dari segi kesehatan dan keselamatan seorang wanita secara fisik, tetapi juga memiliki dampak yang sangat hebat terhadap keadaan mental seorang wanita.
Gejala ini dikenal dalam dunia psikologi sebagai ?Post-Abortion Syndrome? (Sindrom Paska-Aborsi) atau PAS. Gejala-gejala ini dicatat dalam ?Psychological Reactions Reported After Abortion? di dalam penerbitan The Post-Abortion Review (1994).
Pada dasarnya seorang wanita yang melakukan aborsi akan mengalami hal-hal seperti berikut ini:
1. Kehilangan harga diri (82%)
2. Berteriak-teriak histeris (51%)
3. Mimpi buruk berkali-kali mengenai bayi (63%)
4. Ingin melakukan bunuh diri (28%)
5. Mulai mencoba menggunakan obat-obat terlarang (41%)
6. Tidak bisa menikmati lagi hubungan seksual (59%)
Diluar hal-hal tersebut diatas para wanita yang melakukan aborsi akan dipenuhi perasaan bersalah yang tidak hilang selama bertahun-tahun dalam hidupnya.

MY BALONG

English version : My Ball Own

Ball own cow a day lea may

Row pay-row pay war no x

Me are cloning cell a bough

He jaw moo day and bee row

Me let us ball own he jaw….. door

Hat I cow song at card cow

Ball own cow tea gald am fat

Cow pay gank are at are at

Cipt. NERO FKM

31 Agustus 2008

OchaDupiUpiFifiCahyaK’dayatRizalDeddy n the last….. Nakke….

Who is Nakke??????

Sholat Itu Nomor Dua Dan Bisa Di Langgar

Pengarang : B. Soelaiman, B. Adiwidjaja, Dipl.Ed., SH dan Dra Lilis Hartini

Diterbitkan di: Maret 08, 2008

Bagi yang paham bahasa Indonesia mungkin
membaca judul ini pasti manggut-manggut sambil senyum di kulum. Tapi

bagi yang kurang mengerti, salah-salah bisa naik pitam.
Masak sholat itu nomor dua! Kita hidup di dunia itu intinya kan
untuk ibadah kepada Sang Pencipta. Dan itu harus mendirikan sholat. Ini
kok dikatakan nomor dua….???
Padahal, seperti yang kita tahu, sholat memang nomor dua dalam Rukun Islam. Yang nomor satu adalah Syahadat.
Tapi sholat bisa di langgar? Aturan mana itu? Begitu mungkin mereka
akan meneruskan ya. Padahal maksudnya adalah: pelaksanaan sholat itu
selain di Masjid juga bisa dilakukan di langgar, atau di mana tempat
asal suci.
Adalah beda pengertian antara di langgar dengan dilanggar. Kata di pada di langgar berposisi sebagai kata depan yang berarti menunjukkan tempat. Sedang kata di pada dilanggar pada merupakan awalan yang mempunyai arti melakukan pelanggaran.
Menurut bahasa Hukum, kalimat semacam itu tidaklah dibenarkan. Karena banyak menimbulkan multi-tafsir.
Mestinya kalimat itu diubah menjadi: Sholat itu adalah Rukun Islam yang kedua dan bisa dilakukan di langgar.
Masalah ini adalah bagian kecil dari banyak hal yang terkandung
dalam buku ini. Buku ini berjudul: Bahasa Indonesia Hukum. Hanya saja,
menurut saya judulnya kurang tepat. Mestinya yang benar adalah Bahasa Indonesia Ragam Hukum.
Selama ini ada kesan bahwa penggunaan bahasa Indonesia dengan ragam
hukum berbeda dengan bahasa Indonesia pada umumnya. Hal itu tidaklah
sepenuhnya benar. Bahasa Indonesia ragam hukum tetap bahasa Indonesia,
yang harus tunduk pada kaidah-kaidah pembakuan bahasa Indonesia.
Ragam bahasa hukum, seperti diuraikan dalam buku ini, adalah merupakan meta-bahasa
(bila dilihat dari segi linguistiknya), yang berarti ragam ini
merupakan kajian/produk pemikiran yang tak terbatas pada bahasa saja,
tetapi melibatkan ilmu lain, yaitu ilmu hukum.

Minggu, 07 Juni 2009

MOBIL WAKIL WALIKOTA MAKASSAR DITABRAK

Kejadian ini bermula saat mobil yang ditumpangi wakil walikota (Supomo Guntur) sedang melintas didaerah sekitar Mallengkeri Luar. Ketika mendekati jalur perempatan jalan tiba-tiba dari arah depan sehabis berbelok sebelumnya, sebuah motor melintas dan menabrak bagian depan mobil pak Wakil Walikota yang akrab dipanggil Pak Supomo.

Tak lama setelah itu, ajudan pak Supomo turun dari mobil lalu pergi menghampiri orang yang menjadi penabrak dan kemudian melakukan pemukulan ke oarng tersebut (pria). Mereka sebenarnya berboncengan, yang satu wanita dan satunya pria. Dan, menurut saksi mata bahwa yang membawa motor adalah sang wanita ini. Tapi, sang ajudan yang tidak mengetahui itu langsung memukul saja tanpa bertanya terlebih dahulu. Padahal, menurut pernyataan sang wanita bahwa ialah yang membawa motor. Katanya, ia lagi latihan.

Akhirnya, pak Supomo pun turun dari mobil, dan kemudian memarahi ajudannya dengan tegas. Sikap pak Supomo menurut penulis memang sangat baik dan patut diteladani, jangan main hakim sendiri. Tak lama berselang, puluhan warga yang tinggal disekitar daerah Mallengkeri berkumpul untuk membantu si penabrak yang motornya terjepit dibawah kap depan mobil pak Supomo.

Beberapa warga yang mengetahui hal ini langsung berpendapat bahwa sikap yang ditunjukkan oleh pak Supomo adalah benar. “cocok mentong jadi wakilnya pak ACO’,” kata salah seorang warga.

Kejadian ini terjadi tadi malam (Kamis, 4 Juni 2009), tepatnya pada pukul 9 lewat, waktu Indonesia tengah.

HIDUP PAK SUPOMO!!!!!!!!

JUMAT, 5 JUNI 2009

DAYAT THE-CHILD

Kamis, 04 Juni 2009

obat cacing

Suatu pagi yang indah kat sebuah SD, seorang guru mengajar anak2 muridnya tentang betapa bahayanya minuman keras kepada mereka. Sebelum memulai mata pelajarannya pada hari itu dia telah mengambil 2 ekor cacing yang hidup, sebagai sampel kehidupan dan dua gelas minuman yang masing2 berisi dengan air mineral dan arak.."Coba perhatikan murid2.. lihat bagaimana saya akan memasukkan cacing ini kedalam gelas, perhatikan betul2. Cacing yang sebelah kanan saya, akan saya masukkan ke dalam air mineral dan cacing yang sebelah kiri saya akan masukkan ke dalam arak. Perhatikan yaaa."Semua mata tertuju pada kedua2 ekor cacing itu.lalu cacing yang berada dalam gelas yang berisi air mineral itu berenang2 di dasar gelas, sedangkan cacing yang berada di dalam arak menggeletek lalu mati. Si guru tersenyum lebar melihat anak2 muridnya sangat fokus"Baiklah murid2, apa yang kamu dapat dai hasil test tadii??"Dengan penuh yakin anak2 muridnya menjawab,"UNTUK MENGHILANGKAN PENYAKIT CACINGAN...MINUMLAH ARAK..."